Tips Merawat Lensa Kontak

Tips Merawat Lensa KontakMerawat lensa kontak sama pentingnya seperti merawat mata kita. Lensa yang kotor akan mempengaruhi kesehatan mata. Sebaliknya, lensa kontak yang senantiasa terjaga kebersihannya akan dapat memperpanjang waktu penggunaan serta mencegah mata terkena iritasi.

Pertama, perawatan lensa kontak dapat Anda lakukan sesuai dengan instruksi yang terdapat pada kemasan atau botol cairan pembersih lensa kontak. Rata-rata cara perawatan hampir sama namun hasilnya tergantung dari kualitas lensa kontak itu sendiri. Cuci tangan Anda sebersih-bersihnya sebelum memegang lensa kontak. Kuman sekecil apapun yang masuk akan sangat membahayakan kesehatan mata Anda.

Sebelum dan sesudah lensa kontak digunakan, bersihkan lensa menggunakan cairan pembersih khusus yang diteteskan 3-4 tetes pada telapak tangan lalu gosok secara lembut perlahan selama kurang lebih 10 detik agar kotoran pada lensa benar-benar tersapu. Pada saat menggosok, pastikan lensa kontak tidak mengenai kuku Anda karena teksturnya yang tipis halus akan mudah robek. Lakukan pada kedua sisi lensa baik dalam maupun luar kemudian bilas dan rendam lensa kontak dengan cairan pembersih yang mengandung moisturizer selama 4-6 jam. Jika penyimpanan lebih dari 6 jam, maka cairan wajib diganti untuk mencegah penumpukan bakteri di dalam wadah. Wadah lensa kontak juga harus dibersihkan secara teratur dan dikeringkan sempurna.

Perhatikan masa kadaluarsa cairan lensa kontak. Jangan menggunakan cairan yang sudah lewat masanya. Bahkan ada beberapa cairan pembersih yang tidak boleh digunakan setelah dibuka selama tiga bulan. Semakin steril cairan pembersihnya, maka semakin baik kebersihan lensa kontak Anda.

Jika terjadi iritasi saat menggunakan lensa kontak, tetesi dengan obat tetes mata khusus bagi lensa kontak. Jangan gunakan obat tetes biasa karena dapat merusak lensa kontak tersebut sehingga tidak dapat digunakan lagi.

Jangan lupa untuk mengingat berapa lama masa pemakaian lensa kontak. Ganti lensa kontak Anda jika sudah tidak terasa nyaman di mata seperti sering perih dan gatal. Ini adalah salah satu indikator dimana Anda harus menggantinya dengan yang baru