Tips Berkendara Pada Saat Hujan

Berkendara di saat cuaca sedang hujan memang lebih beresiko. Oleh karena itu anda harus tetap waspada dan berhati-hati ketika memacu kendaraan mobil atau motor anda di tengah-tengah jalanan yang sedang diguyur hujan.
Tips Berkendara Pada Saat Hujan
Dan sebaiknya anda simak tips berkendara aman di musim hujan berikut ini agar anda bisa dengan lancar dan selamat berkendara hingga sampai tujuan .

Periksa semua lampu kendaraan.
Memeriksa semua lampu kendaraan  merupakan poin yang sangat penting agar anda mudah untuk memberikan tanda pada pengendara lain serta untuk memudahkan anda untuk melihat jarak pandang yang terbatas karena hujan lebat.

Periksa keadaan tekanan udara pada ban.
Anda harus memeriksa kondisi tekanan bans secara rutin minimal satu minggu sekali. Kondisi tekanan ban dan kedalaman alur ban yang baik akan menghindari anda dan kendaraan melayang di atas  air dan tergelincir pada saat hujan lebat.

Periksa semua kondisi.
Sebelum anda menyalakan mesin motor atau mesin mobil anda, sebaiknya anda periksa terlebih dahulu semua kondisi kontrol kendaraan anda seperti rem, kemudi, gas, ataupun kopling untuk menghindari anda dari kecelakaan akibat kesalahan atau tidak berfungsinya sistem kontrol pada kendaraan anda.

  Gunakan alas kaki yang tidak licin untuk pengendara sepeda motor.
Alas kaki dan kostum anti air sangat dianjurkan untuk digunakan bagi pengendara sepeda motor agar tetap berkendara dengan lancar tanpa mengalami hal-hal yang membahayakan.

Kurangi kecepatan saat berkendara.
Sebaiknya anda mengurangi kecepatan dalam memacu kendaraan anda karena pada saat hujan jalan akan lebih licin. Berkendara dengan kecepatan rendah atau sedang pada saat hujan akan meminimalisir terjadinya kecelakaan karena ban mobil/ motor akan bersentuhan langsung dengan aspal bukan oli (oli sering keluar akibat berkendara terlalu kencang) dan akan membuat daya cengkram ban akan semakin kuat.

Dorong kendaraan jika kendaraan mogok karena mesin terkena air.
Lebih baik mendorong mobil atau motor anda jika mobil atau motor anda mengalami mogok karena terjebak banjir atau genangan air.

Jangan menyalakan mesin motor/ mobil pada saat terjebak di dalam genangan air atau banjor karena sistem pengapian mobil/ motor anda bisa berpotensi mengalami konsleting dan dapat mengakibatkan kebakaran mesin.