Tips Alami Awet Muda

Tips Alami Awet MudaAwet muda adalah dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita . Salah satu kuncinya, rasa percaya diri. Lalu, bagaimana dengan peran nutrisi? Intip tip awet muda cara alami berikut.

Antioksidan.
Rahasia agar tubuh tetap terpelihara kesehatannya terletak pada kesehatan sel. Salah satu zat yang diperlukan untuk mencegah kerusakan sel akibat serangan radikal bebas adalah antioksidan. Dan, cara mudah dan efektif adalah dengan minum teh yang berasal dari daun teh berkualitas.
Daun teh mengandung senyawa golongan polifenol yang berkhasiat sebagai antioksidan. Selain itu, zat kafein di dalamnya bekerja sebagai perangsang kerja jantung. Khasiat teh akan diperoleh jika minum secara teratur setiap hari, paling sedikit satu cangkir dalam sehari.

Kesehatan Otak.
Pertambahan usia memberikan peluang bagi terjadinya penurunan fungsi otak, seperti berkurangnya daya ingat dan konsentrasi. Kondisi itu tidak dapat dicegah, namun kita dapat menghambat prosesnya.
Cara mudah dan efektif adalah dengan rutin minum teh jintan hitam. Biji jintan hitam mempunyai banyak khasiat, antara lain menjaga kekebalan tubuh dan melancarkan aliran darah.
Biji yang sudah bersih ditumbuk kasar. Lalu, ambil satu sampai dua sendok teh dan seduh dengan air mendidih secukupnya. Saring, dan langsung dapat diminum dengan dosis satu gelas sekali sehari, tanpa penambahan gula.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh.
Daya tahan tubuh atau imunitas seseorang menentukan kerentanan orang tersebut terhadap serangan penyakit infeksi. Cara mudah dan efektif untuk menjaga ketahanan tubuh adalah dengan minum jamu sambiloto, meniran, atau temulawak.
Rebus 4-5 lembar daun sambiloto dengan dua gelas air sampai tinggal satu gelas, dapat langsung diminum tiga kali dalam seminggu. Beberapa tangkai daun meniran dan 4-5 iris rimpang temulawak juga dapat diramu dengan dosis yang sama.
Selain itu, perhatikan juga pola hidup teratur, yaitu gizi makanan, istirahat, olahraga, dan menghindari stres.

Perawatan Kulit.
Kondisi kulit mencerminkan keadaan kesehatan umum dan gaya hidup seseorang. Untuk merawat kulit wajah yang kering, gunakan masker kuning telur yang dicampur dengan minyak sayur sekali seminggu. Sedangkan, masker putih telur digunakan untuk kulit wajah yang berminyak, dan dapat dicampur dengan minyak sayur.

Havermot yang dilarutkan sedikit demi sedikit dengan air dapat dicampurkan ke dalam dua jenis masker tersebut. Untuk minyak sayur, gunakan minyak zaitun dari kualitas extra virgin olive oil, minyak kelapa dari kualitas extra virgin coconut oil, atau minyak almond. Selain itu, madu dan buah-buahan seperti alpukat, tomat, dan pepaya juga baik untuk masker.

Coba juga mandi susu sekali dalam sebulan. Caranya, gosok kulit dengan scrub berbahan alam, seperti tepung beras atau bengkoang. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas air hangat. Keringkan kulit tubuh dengan handuk bersih, lalu lumurkan susu cair ke seluruh bagian kulit tubuh.
Susu yang digunakan bisa dibuat dari susu bubuk yang dilarutkan dengan air sehingga menjadi larutan yang tidak terlalu encer. Biarkan 30 menit, lalu bilas air hangat.

Khusus untuk scrub wajah, setengah sendok teh bubuk kopi yang dilarutkan dalam sedikit air panas dapat langsung digosok-gosokkan pada kulit wajah dan leher secara merata, dua hari sekali. Setelah digosokkan, diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air.
Perlu diingat, perawatan kulit tersebut akan memberikan hasil optimal apabila kita rajin minum air putih, minimal satu setengah liter sehari.

Perawatan Rambut.
Rambut sehat akan dimiliki oleh orang yang melakukan perawatan secara teratur tanpa mengabaikan asupan gizi dalam makanan sehari-hari. Cara mudah dan efektif adalah dengan membubuhkan minyak kelapa atau zaitun pada kulit kepala disertai pijatan ringan, sekali dalam seminggu.
Perawatan dengan cara ini dapat menunda pembentukan uban dan kerontokan. Asupan bahan kaya vitamin B, seperti kacang hijau, juga membuat rambut tetap kuat.