Tips Merawat Rantai Motor

Tips Merawat Rantai Motor Rantai merupakan komponen paling penting pada sepeda motor anda, untuk membuatnya jadi tahan lama atau lebih awet maka diperlukan perawatan terhadap rantai tersebut dikarenakan motor-motor yang beredar dipasar saat ini sudah tidak lagi menggunakan pengaman rantai atau tutup rantai seperti motor di era tahun 80an.

cara-merawat-rantai-motor.
Untuk menjaga agar rantai motor anda tetap awet dan bersih, berikut ini beberapa tips merawatnya:
1. Bersihkan secara berkala atau jika rantai motor anda sudah kelihatan kotor. usahakan setelan rantai tidak sekedar kencang namun Anda harus selalu mengecek pin sambungan serta membersihkannya dari kotoran dan debu.

2. Saat membersihkan rantai, lihatlah pin rantai apakah posisinya benar, Posisi pin rantai bisa cepat berubah terutama saat motor melaju kencang dan menerjang lubang. Otomatis tekanan rantai untuk mendorong motor jadi lebih besar. Itu biasanya yang membuat rantai cepat kendur.

3. Selalu bersihkan rantai motor dari kotoran seperti debu yang menempel. Bila tidak dibersihkan rantai akan cepat rusak dan mudah kering, berkarat dan cepat aus. Setidaknya minimal dalam 1 bulan sekali. Usahakan jangan pakai oli bekas untuk melumasi rantai motor anda tapi pakelah pelumas yang khusus rantai motor. Saat memberikan pelumas rantai, usahakan motor di standar 2 lalu nyalakan mesin untuk mempermudah perputaran rantai saat dilumuri pelumas. Berikan pelumas secara merata karena kalau tidak nantinya bagian yang tidak kena pelumas akan mudah berkarat atau pin-nya kendur.