Tips Mencegah Penuaan Dini.

Tips Mencegah Penuaan Dini.Penuan Dini merupakan hal yang paling ditakutkan bagi sebagian kalangan atau lebih tepatnya para wanita. Berbagai macam produk kecantikan pun di pakai eitsss Namun, itu bukan satu-satunya cara. Sebenarnya Jika kita bisa mengoreksi perilaku yang tidak sehat maka kita dapat menahan laju jam penuaan.

Berikut ini 10 perilaku tidak sehat yang disebut para ahli anti-aging membuat cepat tua:

1. Sering mengalami stres.
Sejak dahulu telah diketahui sering mengalami stres menjadikan tubuh sakit-sakitan.Tingkat sel yang membuktikan bahwa stres berlebih memicu penuaan dini sistem kekebalan tubuh. Ibu anak-anak yang menderita sakit kronis ditemukan mengalami penuaan dini sel yang paling ekstrem.
Bagaimana cara mengatasinya? “Langkah pertama adalah menyadari bahwa jika kita sedang stres dan memperhatikan tanda-tandanya seperti jantung berdebar-debar atau berkeringat,
Cara singkat mengatasinya adalah melakukan pernapasan dalam yang sering disebut pernapasan diafragma.
Cara jangka panjang adalah melakukan hal-hal menyenangkan yang mengurangi stres seperti berkebun, menyanyi, atau hobi menyenangkan lainnya.

2. Minum terlalu banyak alkohol.
Minum 1 atau 2 gelas alkohol dapat menurunkan risiko kematian karena sakit jantung. Wanita disarankan membatasi minuman ini hanya satu gelas sehari,sedangkan lelaki cukup dua gelas karena lebih dari itu malah menaikkan risiko terkena stroke,kanker lever, tenggorokan, dan payudara.

3. Kurang gerak.
“Sebagian besar dari kita mengalami kecanduan kurang gerak,
Tahukah kamu, bahwa sedikit tambahan aktivitas itu dapat memperpanjang usia kita,mengurangi risiko kelebihan berat badan,stres, dan bahkan mengusir jauh-jauh penyakit alzheimer.
Langkah pertama memulai gerak adalah memutuskan untuk jadi lebih aktif, misalnya parkir mobil agak jauh atau naik tangga ketimbang lift. Kalau ada waktu dan kesempatan lakukan aktivitas seperti jalan kaki selama 30 menit atau lebih lima kali seminggu.

4. Terlalu banyak lemak jenuh.
Lemak jenuh terdapat dalam daging merah,daging putih, susu,dan mentega dapat meningkatkan kolesterol jahat dan kolesterol total, sehingga membuat diri kita berisiko kena penyakit jantung. Pilih lemak bagus yang terdapat dalam minyak zaitun seperti yang biasa diasup orang Perancis, Italia, dan di daerah seputar Laut Mediterania. Jaga agar asupan lemak jenuh tak lebih dari 10 persen total kalori harian.

5. Merokok.
Bahwa merokok itu bikin mandul, berisiko kena stroke, serangan jantung, kanker, dan lain-lain. Kulit pun jadi mudah berkerut kalau kita merokok.

6. Menghirup udara terpolusi.
Udara yang terpolusi dapat menyebabkan batuk-batuk dan mata terbakar. Ini terkait dengan serangan asma dan penyakit saluran pernapasan. Bila kamu tinggal atau bekerja di lingkungan berudara buruk, usahakan tinggal di dalam ruangan lebih sering.

7. Sering kena sinar matahari.
Sering terpapar sinar matahari berisiko kena kanker kulit. Kena sinar matahari juga membuat kulit wajah jadi mudah berkeriput.
Batasi agar tidak terlalu sering terpapar sinar matahari terutama di atas pukul 09.00 sampai 17.00. Jika terpaksa harus berpanas-panas ria, lindungi kulit dengan tabir surya ber-SPF paling tidak 15 untuk mengurangi risiko kanker kulit dan keriput.

8. Kurang tidur.
Jika kamu sering kurang tidur, waspadalah. Kurang tidur terkait dengan kegemukan, diabetes,tekanan darah tinggi, dan masalah memori, bahkan pada orang muda.
Usahakan agar ruang tidur jadi tempat yang nyaman dan hanya untuk tidur. Pindahkan televisi dari ruang tidur ke ruang keluarga dan matikan lampu supaya tidur makin nyenyak.

9. Kegemukan.
Kelebihan berat badan meningkatkan risiko kena penyakit jantung,diabetes, dan kanker.Jangan pusing melihat banyak pilihan diet untuk menurunkan berat badan. Pilihlah diet yang paling sesuai dengan gaya hidup kamu,sehingga menjalaninya dengan senang
dan tidak terbebani.

10. Terlalu banyak gula.
Kelebihan gula dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan mungkin penyakit jantung. Gula dalam makanan kecil dan kue-kue setara dengan 12 sendok teh sehari untuk diet 2.200 kalori pada orang dewasa. Itu belum termasuk gula yang terkandung dalam minuman sehari-hari. Karena itu, kurangi gula dan tak perlu tambahkan gula dalam minuman kamu. Pilih camilan buah-buahan ketika menginginkan makanan manis.